Program studi Teknik Kimia S1 lahir pada tanggal 3 Agustus 2012 sesuai dengan SK penyelenggaraan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 113/D/O/ 2001. Program Studi ini mulai menerima Mahasiswa Baru Teknik Kimia S1 pada Tahun Ajaran 2001/2002.

Program Studi Teknik Kimia merupakan salah satu cabang rekayasa yang menitikberatkan pada proses dan operasi teknik kimia. Keunggulan dari Program Studi Teknik Kimia adalah memiliki kemampuan terhadap penguasaan dan pemanfaatan bahan alam terbarukan Indonesia seperti mengolah, memproses, mengoperasikan, merancang, memilih dan menerapkan teknologi Kimia. Bahan baku yang akan diolah adalah bahan alam terbarukan (BAT) Indonesia, seperti BAT berbasis bioenergi (bioethanol, biogas, biochar), minyak atsiri (rempah-rempah, bunga dan kulit buah), Fitofarmaka (rempah-rempah dan tanaman obat) dan membran organik (selulosa asetat yang berbasis selulosa bakterial dari buah pertanian)

Profil Lulusan

Bidang kerja lulusan merupakan salah satu indikator penting dalam penyesuaian kurikulum Teknik Kimia dengan pangsa pasar atau stakeholder. Penelusuran informasi secara formal dan informal (tracer study) oleh Program Studi Teknik Kimia menunjukkan bahwa bidang kerja lulusan teknik kimia sangat bervariasi karena aplikasi teknik kimia dapat mencakup banyak aspek kehidupan. Secara garis besar bidang kerja lulusan sarjana teknik kimia yang dihasilkan antara lain bidang :

  1. Peneliti
  2. Akademisi
  3. Pengusaha
  4. Quality Control
  5. Praktisi Industri
  6. Birokrat
  7. Process engineer
  8. Product developer
  9. Manajer
  10. Analist