Tiga Mahasiswa Teknik Kimia Unitri Ikuti Pertukaran Mahasiswa Ke Universitas Gadjah Mada

By May 10, 2017 Berita No Comments

Heny, Shinta, Melvi – Dalam rangka meningkatkan kualitas dan pemerataan pendidikan calon insinyur teknik kimia di Indonesia, Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia (BKKMTKI) bekerja sama dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Teknik Kimia Indonesia (Aptekindo) mengadakan program pertukaran mahasiswa teknik kimia antarperguruan tinggi teknik kimia yang ada di Indonesia. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi sarana bagi para mahasiswa teknik kimia untuk saling berbagi dan bertukar informasi tentang keteknikkimiaan dan organisasi, serta memberikan pengalaman untuk merasakan suasana di lingkungan kampus lain yang dituju.

 

Dalam rangka melaksanakan program kerja BKKMTKI (Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia) yaitu kegiatan Student Exhange Program, sebanyak 3 orang mahasiswa yang merupakan perwakilan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang  melakukan kegiatan pertukaran mahasiswa  di jurusan Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada mulai tanggal 13-27 November 2016. Perwakilan Unitri yang mengikuti rangkaian kegiatan ini adalah Shinta Silir Yunia Ningrum, Heny Adisansury Malo dan Melvianus Ndena Njurumana . Kegiatan pertukaran mahasiswa ini juga diikuti oleh beberapa  perwakilan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia yang tergabung dalam BKKMTKI, diantaranya Universitas Brawijaya, Universitas Mulawarman, UPN Veteran Surabaya, ITN Malang, Universitas Katolik Parahyangan, dan LPP Yogyakarta. Kegiatan ini disambut baik oleh Sekretaris Jurusan Teknik Kimia, Ibu Ir. Aswati Mindaryani, MSc. PhD.

Kegiatan Student Exchange Program (SEP) ini merupakan sebuah kegiatan yang sangat positif di mana para mahasiswa dapat berkesempatan untuk bertemu dan belajar bersama dosen serta mahasiswa –mahasiswa Teknik Kimia baik dari UGM maupun peserta SEP yang lain. Kegiatan pada hari pertama yaitu memilih mata kuliah  yang akan ditempuh selama 2 minggu. Peserta juga berkesempatan untuk berkeliling dan mengenal beberapa fasilitas, dimulai dari ruangan kelas, perpustakaan, laboratorium serta area belajar.

Selain  mengikuti kegiatan perkuliahan, para peserta SEP juga diajak mengikuti berbagai kegiatan mahasiswa seperti Penutupan Bebek (Belajar Bersama KMTK),  Expo, dan Penutupan Propteka. Salah satu hal yang menarik yaitu, terdapat kegiatan sharing tentang akademis maupun non-akademis sehingga dapat saling mengetahui dan berbagi antara tiap peserta. Salah satu peserta kegiatan SEP ini, Shinta Shilir, mengungkapkan kegembiraannya mendapat kesempatan  berpartisipasi dalam kegiatan ini bersama dua temannya Heny dan Melvi.

Leave a Reply